Mengenal Uji Tekan pada Universal Testing Machine

Mei 07, 2017

Di tiap pabrik industri seperti baja, alumunium, logam. produk yang akan dibuat pasti ingin memiliki spesifikasi yang mumpuni guna untuk dipasarkan nantinya, oleh karenanya produk yang akan dihasilkan harus sesuai  dengan standar yang ada, untuk itu diperlukan suatu alat uji  untuk melakukan pengujian terhadap produk yang ingin di ujikan, dan alat itu bernama universal testing machine.

Apa itu universal testing machine ?
Universal testing machine adalah alat pengujian yang memiliki fungsi dalam pengujian Tarik dan pengujian tekan, namun dalam hal ini kita lebih ingin  membahas tentang pengujian tekan atau biasa disebut compression test yaitu dengan menggunakan alat universal testing machine, pengujian tekan atau compression test dengan mengunakan alat universal testing ini lebih difokuskan pada barang seperti besi, alumunium, logam.


Lalu bagaimana prinsip kerja nya ? 
yaitu bahan atau material yang akan di uji yakni berupa logam atau baja. cara kerjanya yakni dengan memasukan material berbahan baja kedalam mesin untuk kemudian ditekan oleh mesin setelah ditekan bahan baja tesebut akan retak atau pecah dan setelah itu kita dapat melihat hasil pada parameter yang ada sebagai laporan.



Keuntungan yang dihasilkan dari Uji Tekan pada Universal Testing Machine
-  Dapat Mengetahui kualitas dan ketebalan bahan yang diujikan.
-  Mendapat hasil yang sangat akurat dari uji tarik pada universal testing machine.
-  Mendapatkan spesifikasi bahan yang mumpuni untuk dipasarkan.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images